News  

BNPB Segera Kirim Tim Trauma Healing ke Selayar

BNPB Kirim Tim ke Selayar
Pengungsian sementara di Desa Lamantu, Kecamatan Pasimarannu, Selayar, Sulsel, Minggu 19 Desember 2021. / Komunikasi Kebencanaan BNPB/Danung Arifin

ReferensiA.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB segera kirim tim untuk trauma healing ke Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

BNPB mencatat sampai Minggu 19 Desember 2021 masih ada 16.593 warga berada di pengungsian. Warga mencari tempat yang aman pasca gempabumi M 7,4 yang terjadi di Laut Flores pada Selasa 14 Desember 2021 lalu.

Mereka masih khawatir dan cemas dengan gempabumi susulan sehingga belum kembali ke rumah. Sebagian warga juga mengingat peristiwa gempabumi yang diikuti gelombang tsunami pada 12 Desember 1992 yang menewaskan kurang lebih 2.500 jiwa.

Oleh karena itu, BNPB akan kirim tim untuk trauma healing. “Harapannya semoga warga segera dapat kembali ke rumahnya masing-masing,” kata Jawansyah di Selayar seperti dilansir laman BNPB, Senin 20 Desember 2021.

Jarwansyah meninjau lokasi terdampak gempabumi di Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar bersama Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada Minggu (19/12).

BNPB Juga Kirim Dana Tunggu Hunian

Selain tim trauma healing, BNPB akan memberikan DTH atau dana tunggu hunian. Dana tersebut untuk warga terdampak yang rumahnya rusak berat dan tidak dapat dihuni lagi. DTH akan diberikan hingga proses perbaikan rumahnya selesai.

“Kita akan berikan dana tunggu hunian sampai rumahnya selesai dibangun,” jelas Jarwansyah.

BNPB sebelumnya telah mendorong dukungan logistik dan peralatan guna percepatan penanganan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Rinciannya meliputi makanan siap saji sebanyak 333 paket, lauk pauk 333 paket, makanan tambahan gizi 333 paket, selimut 100 lembar, matras 100 lembar dan tenda pengungsi 4 set.

Selain itu, BNPB juga telah memberikan dukungan lain berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai 250 juta rupiah kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *