Iklan HUT Morowali PT Vale

Jangan Asal Comot Foto, Bisa Dilaporkan ke Polisi

Jangan Asal Comot Foto
Mugni Supardi (kiri) didampingi kuasa hukumnya, telah mengadukan kasus dugaan "pencurian" foto ke kepolisian. / Ist

ReferensiA.id – Jangan asal comot foto kalau tidak ingin berurusan dengan kasus hukum. Apalagi, foto yang “dicuri” milik fotografer profesional, dan digunakan untuk kepentingan komersil.

Seorang fotografer di Kota Palu, secara resmi mengadukan kepada Kepolisian terkait foto hasil karyanya, yang diduga dicomot untuk kepentingan komersil oleh orang lain.

Mugni Supardi fotografer yang bekerja di media cetak Radar Suteng (Jawa Pos) resmi mengadukan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah melalui kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sulteng terkait tindak pidana hak cipta sebagaimana diatur dalam pasal 9 ayat 1 huruf b dan pasal 113 ayat 3 Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta.

Baca Juga:  Ban Aspira Ini yang Menjerat Leher Buaya Palu Selama 6 Tahun

Dalam pengaduan yang diserahkan kepada Ditkrimsus Polda Sulteng, tertanggal 14 Februari 2022 sekitar Pukul 17.28 WITA telah dilampirkan kronologi kejadian, saat Mugni, Jumat (31/12/2021) sekitar pukul 01.27 Wita sedang berada di Jalan Setia Budi, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur mendapatkan postingan di akun media sosial Instagram @soalpalu yang berbunyi “promo akhir tahun kaos dan sablon hanya Rp80 ribu”.

Baca Juga:  Lagu Buaya Berkalung Ban, Ciptaan Almarhum Herry Rahman

Dalam postingan tersebut, Mugni melihat slide yang diunggah oleh akun @soalpalu, tepatnya pada slide ketiga ada salah satu baju kaos yang diposting bergambar Buaya berkalung ban, yang merupakan gambar atau foto milik Mugni yang dipotret dan diunggah di akun pribadinya pada tahun 2018.

Kemudian dalam unggahan Instagram @soalpalu yang sudah dua hari itu juga menandai akun @popclothing, dan dalam unggahan @popclothing juga terdapat baju kaos yang bergambar buaya berkalung ban yang sudah diunggah selama lima hari.