Iklan HUT Morowali PT Vale

Komisi IV DPRD Sulteng dan Dinsos Tolitoli Bahas Soal Bantuan

Komisi IV DPRD Sulteng
Anggota Komisi IV DPRD Sulteng gelar pertemuan dengan Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli. / Ist

ReferensiA.id- Anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah, Moh Faisal Lahadja SE, Fairus Husen Maskati, dan Ibrahim A Hafid melaksanakan koordinasi dan komunikasi di Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli, Kamis 17 November 2022.

Rombongan Komisi IV DPRD Sulteng diterima Kepala Dinas Sosial Tolitoli Farhan Tawil Dg Parebba ST M Si didampingi kepala bidang, kepala seksi dan staf. Pertemuan membahas soal bantuan sosial.

Baca Juga:  Lagi, PT Vale Serahkan Bantuan Alsintan ke Petani Luwu Timur

Pada pertemuan itu terungkap bahwa bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulteng sebesar Rp1 juta per kepala keluarga telah dikucurkan pada tahap pertama dan didistribusikan sebanyak 909 kepala keluarga.

Adapun bantuan untuk tahap kedua dan yang sementara diproses dan kemungkinan dalam waktu 1-2 minggu ke depan segera didistribusikan kepada 1.812 kepala keluarga.

Baca Juga:  Komisi II DPRD Sulteng dan Bupati Tolitoli Bahas Hal Strategis Pembangunan Daerah

Selanjutnya, mengenai bantuan UEP (Usaha Ekonomi Produktif), Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Komisi IV Faisal Lahadja mengatakan, akan mempertanyakan lebih lanjut masalah UEP kepada Dinas Sosial Provinsi Sulteng.

Berkaitan masalah bantuan, Anggota DPRD dalam waktu 2-3 tahun terakhir jarang menitipkan bantuan yang biasa disebut pokok pokok pikiran (Pokir) ke Dinas Sosial. Hal itu dikarenakan ada sistem yang mengikat yaitu Kube sehingga hal ini dibatasi hanya sekitar Rp20 juta saja.

Baca Juga:  DPRD Sulteng Setuju Hibah KAHMI Rp14 Miliar dari Rp15 Miliar yang Diajukan

“Tapi sekali lagi dengan kunjungan kami kemari semoga dapat membuka ruang-ruang batasan ini sehingga bisa didiskusikan kembali lagi,” kata Faisal Lahadja.

Ibrahim A Hafid mengatakan, untuk terintegrasinya program kabupaten dan provinsi harus saling memberi penguatan antara Pemerintah Kabupaten dan Provinsi.