Iklan HUT Morowali PT Vale

Lapas Luwuk Ajari Keluarga Napi Berwirausaha

Lapas Luwuk
Peserta antusis mengikuti pelatihan yang digelar oleh Lapas Luwuk. / Ist

ReferensiA.id- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah melatih keluarga narapidana (napi) cara berwirausaha. Pihak Lapas Luwuk melakukan hal itu agar kebutuhan ekonomi keluarga napi tetap bisa terpenuhi.

Kepala Lapas Luwuk Yugo Indra Wicaksi mengatakan, kegiatan pelatihan wirausaha ini dilakukan guna meningkatkan peluang usaha kecil untuk keluarga narapidana.

Menurutnya, tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini agar anak dan istri narapidana mampu menghidupi keluarga, walaupun kepala keluarganya berada di dalam lapas.

Baca Juga:  Kasubag Program dan Perencanaan OPD di Poso Dilatih Responsif Gender

“Usaha ini bersifat modal kecil dan bisa dilakukan dengan modal yang seminim- minimnya. Sehingga, kalau keluarga yang di luar lapas ada penghasilan maka suaminya pun akan tenang menjalani hukumannya dan itu berimbas pada keamanan yang ada di dalam lapas,” ungkap Yugo dalam keterangannya.

Selain diperuntukan untuk keluarga Narapidana, pelatihan ini juga dibuka untuk masyarakat Luwuk, Kabupaten Banggai.

Baca Juga:  PT Vale Pelatihan Barista, Peserta dari 17 Desa di Morowali

Dalam pelatihan ini, pihak lapas mengajarkan cara membuat Pempek Palembang atau makanan khas dari pulau Sumatera yang berbahan dasar ikan laut.

“Cara buatnya langsung diajarkan ibu Kepala Lapas, kenapa pempek Palembang karena kami mengingat bahan baku ikan laut melimpah di sini,” sebut Yugo.

“Pelatihan ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya dan cukup dengan membawa KTP bisa ikut pelatihan ini, tanpa memandang status dan menjadikan ilmu yang bermanfaat,” tambah Yugo.

Baca Juga:  PT Vale Berdayakan Perempuan dengan Beri Pelatihan Menjahit

Yugo berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat untuk keluarga narapidana dan masyarakat, yang outputnya dapat menghidupi keluarga walaupun dengan modal kecil.