Iklan HUT Morowali PT Vale

Pelaku UMKM Sorowako Makin Untung Berjualan di RTH Program PT Vale

Pelaku umkm sorowako
Pelaku UMKM Pasar Ramadan di RTH Magani Park mengaku memperoleh untung lebih sejak berjualan di lokasi tersebut. / Ist

ReferensiA.id- Ruang Terbuka Hijau (RTH) Magani Park menjadi tempat baru untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM Sorowako.

Pasalnya, Pasar Ramadan yang digelar di RTH Magani Park, Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Sorowako, Sulawesi Selatan membawa berkah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sana.

Pasar tersebut memanfaatkan taman rekreasi dan sarana pengembangan ekonomi yang dibangun oleh PT Vale melalui program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) pada 2020-2021 lalu.

Baca Juga:  Komitmen Kembangkan Potensi Desa, PT Vale Teken Kerja Sama dengan Kementerian dan Pemda

Pasar Ramadan yang dibuka sejak 3 April 2022 ini, atas kerjasama Pemerintah Kelurahan Magani, Bumdesma Anatowa Otolu, Bank Mandiri, Sahabat Hidayah Sorowako (SHS) serta Search And Rescue (SAR).

Meski baru diresmikan pada Februari 2022, lahan tersebut sudah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Sorowako. Salah satunya dirasakan pelaku UMKM yang ikut membuka stand di area Pasar Ramadhan, dengan menjajakan aneka kuliner untuk kebutuhan takjil selama berpuasa.

Baca Juga:  PT Vale Investasi Rp31 Triliun di Blok Bahodopi Morowali, Gubernur Ingatkan Jaga Lingkungan

Menurut Pedagang Kuliner Jajanan Nusantara, Najmiah, hadirnya Pasar Ramadan membawa berkah luar biasa bagi usahanya, karena tren penjualannya terus meningkat. Bahkan, jika dipersentasekan bisa mencapai 50% sejak hadir di pasar tersebut.

“Dibanding Bulan Ramadan sebelumnya Alhamdulillah penghasilan saya selama beberapa hari ini lumayan meningkat hingga mencapai 50 persen. Jika sebelumnya mendapatkan keuntungan sebesar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, Alhamdulillah dengan menjual di sini bisa sampai Rp300 ribu, bahkan lebih,” ungkap Najmiah, seperti dikutip pada Kamis 7 April 2022.