Iklan pemilu DPRD Sulteng

Sekretariat DPRD Sulteng Intervensi Stunting di 3 Desa Kabupaten Sigi Lewat Program Tangguh Bersinar

Sekretariat DPRD Sulteng
Sekretaris DPRD Sulteng Siti Rahmi A Singi. / RefefensiA.id

ReferensiA.id- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui seluruh perangkat daerah berupaya mempercepat penurunan stunting dan kemiskinan, termasuk melakukan intervensi tiga desa di Kabupaten Sigi melalui Sekretariat DPRD Sulteng.

Dengan program “Tangguh Bersinar” Gubernur Sulawesi Tengah menugaskan Sekretariat DPRD Sulteng untuk melakukan intervensi penurunan stunting dan kemiskinan di Desa Baluase, Desa Rogo dan Desa Walatana, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Menerima tugas itu sejak akhir Januari 2024, Sekretaris DPRD (Sekwan) Sulteng Siti Rahmi Amir Singi menyebut ia bersama jajarannya di Sekretariat DPRD Sulteng telah menjalankan beberapa tahapan awal.

“Tahap pertama kami bertemu perangkat daerah yang ada di Kabupaten Sigi. Kami lakukan rapat untuk mengetahui apa yang menjadi kendala pemerintahan Sigi dalam upaya menurunkan stunting dan kemiskinan di Kabupaten Sigi ini,” ungkap Sekwan, Senin 12 Februari 2024.

Kata dia, melalui program “Tangguh Bersinar” masyarakat yang berisiko stunting akan diintervensi oleh pemerintah daerah, termasuk melalui bantuan.

Saat ini Sekretariat DPRD Sulteng tengah melakukan identifikasi dan pendataan, yang membutuhkan waktu sekira dua pekan kedepan. Sebab sejumlah dusun di tiga desa itu berada di wilayah pegunungan yang warganya pun sulit ditemui.

“Selain itu kebutuhannya juga berbeda-beda. Ada berupa mck (mandi cucu kakus), makanan tambahan. Jadi kita harus data dulu,” jelasnya.

Upaya intervensi penurunan stunting dan kemiskinan yang bakal dikerjakan sepanjang 2024 itu juga akan melibatkan pihak ketiga, seperti BUMN melalui anggaran tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR).

“Sebenarnya sudah banyak program penurunan stunting di daerah tersebut, tetapi tidak semua. Makanya tahun ini Gubenur sebagai bapak pembina menugaskan perangkat daerah,” katanya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *