ReferensiA.id- BRI Palu angkat suara soal kasus nasabahnya yang mengaku kehilangan saldo hingga ratusan juta rupiah.
Menurut Pemimpin Kantor Cabang BRI Palu Budi Pristiyanto, transaksi yang menyebabkan saldo nasabah tersebut hilang merupakan aktivitas transaksi yang sah.
Hal itu diungkapkan oleh pihak perbankan dalam hak jawab yang kirimkan ke ReferensiA.id pada Kamis, 21 Desember 2023.
Berikut poin-poin yang disampaikan dalam hak jawab BRI Cabang Palu;
BRI Cabang Palu nyatakan transaksi tersebut sah.
BRI telah melakukan investigasi atas pengaduan Ybs (yang bersangkutan) dan BRI menemukan bahwa transaksi tersebut merupakan transaksi yang dilakukan melalui HP nasabah sendiri. Tidak terdapat perpindahan gawai dan tidak terdapat pergantian nomor HP.
BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati dan tidak mengunduh, menginstal, maupun mengakses aplikasi tidak resmi, serta dihimbau agar nasabah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI, termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP dsb.) melalui saluran, tautan atau website dengan sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Dengan semakin beragamnya modus penipuan secara digital, BRI juga mengimbau agar nasabah tidak sembarang menginstal aplikasi dengan sumber yang tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini dapat mengakibatkan data atau informasi pribadi dapat dicuri oleh para fraudster, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang merugikan nasabah.
BRI selalu menjaga data kerahasiaan nasabah, dan tidak pernah menghubungi nasabah untuk meminta data rahasia seperti username, password, PIN, maupun kode OTP dsb.