Iklan HUT korpri

Hari Bumi: Anak Indonesia yang Lahir Tahun 2020 Tanggung Beban Berat dari Dampak Krisis Iklim

Krisis Iklim
Save the Children Gandeng KLHK & AJI isung aksi generasi iklim. / Dok Save the Children

ReferensiA.id- Laporan global Save the Children “Born into the Climate Crisis” dirilis September 2021 menjelaskan, krisis iklim di Indonesia membawa dampak nyata dan dirasakan oleh anak-anak saat ini.

Anak-anak di Indonesia yang lahir tahun 2020 berisiko menghadapi 3 kali lebih banyak ancaman banjir dari luapan sungai, 2 kali lebih banyak mengalami kekeringan serta 3 kali lebih banyak gagal panen.

Baca Juga:  Save the Children Dukung Duta Perlindungan Anak Wujudkan Dasa Darma Pramuka

Lebih buruk lagi, dampak krisis iklim ini membuat jutaan anak dan keluarga jatuh dalam kemiskinan jangka panjang di Indonesia.

“Studi kami sangat jelas menggambarkan bahwa anak-anak menanggung beban berat karena tumbuh dalam situasi yang mengancam dan anak memiliki beragam faktor yang membuat mereka lebih rentan secara fisik, sosial, dan ekonomi,” tegas Selina Patta Sumbung, Ketua Pengurus Yayasan  Save the Children Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat 22 April 2022.

Baca Juga:  Save the Children Turunkan Tim Respons Tanggap Darurat Bencana ke Pasaman Barat

Krisis iklim juga mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan anak dalam berbagai bentuk. Tinjauan literatur yang dilakukan oleh Save the Children Indonesia pada 2022, menemukan sejumlah fakta.

Secara nasional, hasil prediksi iklim sepuluh tahunan menunjukkan bahwa akan terjadi pengurangan jumlah curah hujan selama El Nino.

Berdasarkan prediksi peluang terjadinya peristiwa cuaca kering ekstrim pada 2020-2025, beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrim di atas normal (BAPPENAS 2018).

Baca Juga:  AJI Desak Otoritas Hong Kong Lindungi Kebebasan Pers

Pada 2020, Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kejadian bencana menyebutkan terdapat sebanyak 4.650 total kejadian bencana alam dan 99,2% merupakan kejadian bencana yang berasosiasi dengan faktor iklim dan cuaca.