Komisi IV DPRD Sulteng Uji Publik Raperda Terkait Pemuda dan Olahraga

DPRD Sulteng
Uji publik Raperda terkait kepemudaan dan olahraga di Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar uji publik rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang kepemudaan dan keolahragaan, Senin 20 Mei 2024.

Uji publik Raperda yang diinisiasi Komisi IV DPRD Sulteng itu digelar di Hotel Swissbell Silae Palu. Dipimpim oleh Sekretaris Komisi IV I Nyoman Slamet, dihadiri beberapa Anggota Komisi IV, seperti Moh Hidayat Pakamundi dan Ibrahim A Hafid.

I Nyoman Slamet menyampaikan, uji publik Raperda ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para peserta agar Raperda ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak terkait.

“Yang jelasnya, kita membuat Raperda tersebut bertujuan sebagai payung hukum untuk kepentingan kegiatan olahraga di daerah kita, agar semuanya bisa ditata dan diatur dengan baik, baik itu menyangkut masalah prestasi, menyangkut masalah kewenangan, juga termasuk kesejahteraan yang bisa diberikan kepada para atlet, hal itu yang terpenting,” katanya.

Kepala SMANOR Tadulako Palu Muh Jufri bersyukur dengan dibuatnya Raperda tersebut. Karena ia menilai Raperda yang dibahas juga mengatur terkait pembinaan prestasi level bawah yang dimulai dari pembibitan dengan melibatkan sekolah atau satuan pendidikan.

Sementara itu, Ketua IMI Sulteng Helmy Umar manyampaikan beberapa usulan dan masukan terkait Raperda tersebut, yakni menyangkut penguatan peran cabang olahraha yang berhimpun di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Ia mengusulkan agar dapat memberikan penguatan lebih kepada KONI selaku komite yang menghimpun semua induk cabang olahraga serta pembagian tugas dan kewenangan antara KONI selaku mitra serta Dispora dan organisasi lain.

Adapun Direktur Eksekutif KONI Sulteng M Warsita menyampaikan terkait peran dan sejarah KONI selaku komite olahraga yang dibentuk oleh pemerintah dari era Presiden RI Soekarno hingga Keppres 72 tahun 2001 tentang Pembentukan KONI. Dia bilang, semuanya telah ditata dan diatur dengan baik, baik menyangkut pendanaannya maupun kewenangannya, karena urusan olahraga prestasi itu kewenangannya pada KONI, kecuali Keppres tentang Pembentukan KONI telah dicabut.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *