Iklan HUT Morowali PT Vale

Lulus Asessment, Kabupaten Banggai Susun Masterplan Smart City

Smart City
Penilaian (assessment), dalam rangka program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City). / ist

ReferensiA.id – Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah segera menyusun masterplan atau rencana induk smart city tahun 2022. Tim Ahli Kementerian Komunikasi dan Informasi akan mendampingi dalam penyusunan masterplan tersebut.

Pendampingan itu menyusul penetapan Kabupaten Banggai sebagai salah satu kabupaten kota yang dinyatakan lulus dalam asessment smart city. Program ini digelar Kementerian Kominfo.

Baca Juga:  Nelayan di Banggai Diduga Tewas Tersambar Petir

Hal tersebut tertuang dalam surat dengan Nomor B-855/DJAI/AI.01.02/09/2021, tanggal 3 September 2021 perihal undangan mengikuti penilaian (assessment), dalam rangka program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City). Assessment telah diselenggarakan secara daring pada 1-5 November 2021.

“Dari 88 peserta kab/kota yang mengikuti asesmen dimaksud, telah dipilih 50 kota/kabupaten untuk menyusun masterplan kota cerdas (smart city), salah satunya Kabupaten Banggai,” tutur Kabid Hubungan Media dan Sumberdaya Komunikasi Publik, Ronal Rizal Putje. S.IP, Jumat, 7 Januari 2020.

Baca Juga:  Jaringan 5G Ganggu Penerbangan? Begini Penjelasan Menteri Kominfo

Dengan demikian, Kabupaten Banggai akan diberikan pendampingan dari Tim Ahli Kementerian Kominfo untuk menyusun master plan smart city.

Selanjutnya kabupaten/kota yang terpilih menyusun master plan kota cerdas (smart city) untuk mempelajari draf Nota Kesepakatan Bersama antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). red