Iklan HUT Morowali PT Vale

Nilam Sari Lawira: Dari Dosen Jadi Legislator Hingga Komando Panglima

Nilam Sari Lawira
Nilam Sari Lawira

ReferensiA.id – Hari Ini, Selasa, 28 Desember 2021, Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Nilam Sari Lawira (NSL) berulang tahun. Perempuan yang selalu tampil necis di depan publik dengan hijab dan kacamata pink ini genap berusia 53 tahun.

Pada usianya lebih dari setengah abad, NSL termasuk salah satu perempuan Sulawesi Tengah paling sukses di jalan politik. Padahal, latar belakang pendidikannya bukan ilmu politik, tapi pertanian.

Pada Pemilu 2019, NSL telah mengambil keputusan penting dalam hidupnya: beralih dari akademisi menjadi politisi. NSL terpilih di daerah pemilihan Sigi dan Donggala.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sulteng Sebut Tiga Strategi Tingkatkan Partisipasi Perempuan pada Pemilu 2024

Sebanyak 19.858 orang menjatuhkan pilihan kepadanya. Ada yang terang-terangan mendukung sebagai tim dan merayakan kemenangan. Tapi, tak sedikit yang diam-diam memilihnya dan mendoakannya. Sebagian lagi menunggu realisasi janji-janji kampanye.

Yang pasti, masyarakat Sulawesi Tengah memberi kesempatan kepada NSL untuk membuktikan janji-janji politik dalam lima tahun (2019-2024).

Berikut ini catatan ringan tentang pilihan-pilihan hidup NSL yang dihimpun ReferensiA.id. Artikel ini sengaja kami tayangkan tepat di hari ulang tahunnya.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sulteng Bercucuran Air Mata di Acara Syukuran Masyarakat Petobo

Keluarga Pendidik

NSL lahir di Palu. Menikmati masa kecil hingga remaja bersama kedua orangtuanya di kota ini. Ibunya pernah menjadi kepala sekolah TK Aisyiyah, Jalan Cik Ditiro, Palu. Karena itu, NSL tak mau jauh dari Aisyiyah, organisasi perempuan Muhammadiyah itu.

Sedangkan ayahnya, Ahmad Lawira, dulu adalah pegawai negeri di Palu. Bertugas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi, sesungguhnya NSL besar di lingkungan keluarga pendidik. Maka tak heran jika NSL berminat jadi dosen. Meski belakangan berpaling ke panggung politik.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Parimo

Bekerja di bank

NSL tamat kuliah S1 di Fakultas Pertanian Universitas Tadulako Palu. Kemudian lanjut S2 dan S3. Nama lengkap dan gelarnya:DR Hj Nilam Sari Lawira SP MP.