Iklan HUT Morowali PT Vale

Pastikan Keamanan Dana Peserta, Begini Pernyataan Bpjamsostek Soal Oknum yang Manipulasi Data

Bpjamsostek
BPJS Ketenagakerjaan. / Ist

ReferensiA.id- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) atau Bpjamsostek memastikan kualitas keamanan data hingga dana seluruh pekerja Indonesia yang dikelola.

Salah satu langkah yang diambil oleh badan pengelola jaminan sosial itu untuk menjaga keamanan data dan dana peserta, yakni dengan melaporkan adanya manipulasi data yang dilakukan oleh oknum pegawai.

Beberapa waktu lalu Bpjamsostek membuat laporan di Polda Sulawesi Tengah atas dugaan oknum internal (karyawan) berinisial YDS dan juga eksternal (calo) dengan inisial MDA yang berusaha memanipulasi data pekerja pada sistem aplikasi SMILE milik Bpjamsostek pada September 2021 lalu, tanpa melalui mekanisme yang benar dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:  BPJamsostek Bayarkan Klaim Rp333 Miliar Selama 2021 di Sulteng

Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bpjamsostek Oni Marbun dalam keterangannya menyampaikan, laporan tersebut telah disampaikan pihaknya sejak 19 April 202.

Saat ini kedua oknum tersebut telah diamankan pihak Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sulteng untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Pertama-tama kami ucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian Polda Sulteng yang merespon dengan cepat laporan kami. Kasus ini berawal dari hasil pemeriksaan internal kami, terdapat hal yang mencurigakan, yakni sebanyak 308 Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) yang telah diubah datanya oleh YDS” jelas Oni Marbun dalam keterangannya, Jumat 19 Agustus 2022.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi Tahap II di Sulteng Masih Rendah, Polda Bentuk Tim Akselerasi

Dia melanjutkan, dari 308 KPJ yang dikoreksi, sudah ada realisasi klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 292 KPJ dengan total nominal pencairan Rp3,23 miliar.