Pengembangan Kawasan Pangan Nasional di Sulteng Tersebar di 4 Kabupaten

Kawasan pangan nasional
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat memimpin rapat pengembangan kawasan pangan nasional (KPN) di Sulawesi Tengah sebagai proyek strategis nasional (PSN) di Gedung, Pogombo, Palu, Kamis, 2 Juni 2022. / Ist

Menurutnya, pengembangan kawasan pangan nasional butuh lahan yang luas. Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta areal untuk pengembangan kawasan strategis pangan nasional diharapkan seluas 20.000 Ha.

Oleh karena itu, ada beberapa kawasan pengembangan kawasan antara lain Kabupaten Donggala meliputi tiga kecamatan yakni Dampelas, Sirenja, dan Pinembani seluas 18.823 Ha.

Sedangkan di Kabupaten Sigi terdapat di wilayah Karavana, Bangga, Sibalaya, Sidera, Jonooge, seluas 2.108 Ha. Adapun di wilayah Kabupaten Poso, Sigi dan Parigi Moutong terletak di wilayah Manggalapi seluas 1.976 Ha.

Menanggapi laporan Kepala Bappeda Sulteng, Gubernur meminta agar dilakukan peninjauan secara langsung wilayah Manggalapi.

Dia meminta agar dijadwalkan kunjungan kerja bersama Danrem 132 Tdl, Kapolda, Bupati dan OPD teknis ke wilayah Manggalapi yang akan masuk Kawasan Strategis Pangan Nasional.

Gubernur juga meminta agar dilakukan rapat koordinasi bersama bupati dan walikota Seprovinsi Sulawesi Tengah untuk merespons penetapan Sulteng sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *