Stenli Gilbert Pendiri Sekolah Alam Dongi-Dongi Lolos Jadi Peserta PKPMN

Stenli Gilbert
Stenli Gilbert

ReferensiA.id- Stenli Gilbert, pemuda asal Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah lolos seleksi menjadi peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Tahun 2023 yang diselengarakan di Jakarta.

Selama 15 hari Stenli akan mengikuti sejumlah materi pembelajaran di antaranya di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) terkait pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Stenli Gilbert adalah pendiri Sekolah Alam Dongi-Dongi, sebuah sekolah nonformal yang berada di Dusun IV, Desa Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Stenli lolos setelah mengikuti rangkaian seleksi PKPMN yakni seleksi administrasi, tes CAT, dan wawancara. Dia menulis esai tentang kepemimpinannya di Sekolah Alam Dongi-Dongi. Dari 100 peserta se-Indonesia, hanya dua orang yang lolos dari Sulawesi Tengah.

“Yang daftar 1000-an, lolos administrasi 570-an mengikuti test CAT. Setelah CAT tersisa 175 orang untuk wawancara dan yang lolos wawancara 100 orang,” kata Stenli kepada ReferensiA.id, Kamis 28 September 2023.

PKPMN Tahun 2023 diselenggarakan di Jakarta pada 2-16 Oktober 2023. Selain mengikuti pembelajaran di Lemhanas terkait pemantapan nilai-nilai kebangsaan, peserta juga akan kunjungan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mahkamah Konstitusi (MK). Juga kunjungan ke Gereja Katedral, Masjid Istiqlal dan Huawei.

Adapun PKPMN diselenggarakan Asisten Deputi Pengembangan Kepemimpinan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Olahraga dan Pemuda. Tahun ini mengangkat tema “Kepemimpinan Transformatif Menuju Indonesia Unggul”.

Stenli yang menyelesaikan pendidikan magister di Untad Palu ini berharap melalui PKPMN ini ke depan bisa menjadi pemimpin muda yang berinovasi, berintegritas dan berdampak bagi pemuda-pemuda yang ada di lingkungannya. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *