Tambang Emas Ilegal di Dataran Bulan Didatangi Petugas, 6 Orang Digelandang Polisi

Tambang emas ilegal di Dataran bulan
Petugas saat menertibkan penambangan emas ilegal di Dataran Bulan, Kabupaten Touna. / Ist

ReferensiA.id- Lokasi tambang emas ilegal di Dataran Bulan atau Desa Bulan Jaya, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Ununa (Touna), Sulawesi Tengah diobrak-abrik petugas gabungan dari pemerintah dan penegak hukum setempat.

Tim gabungan Polres Touna bersama Pemerintah Daerah Kabuten (Pemkab) Touna, Kejaksaan Negeri Touna, petugas kehutanan serta aparat desa melakukan penertiban penambangan emas secara liar di Dataran Bulan pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Para petugas yang melakukan penertiban menyisir kawasan kilometer 49 dan 47 Dataran Bulan, serta beberapa tempat lainnya.

Kapolres Touna AKBP Riski Fara Sandhy mengatakan, saat tim gabungan melakukan penertiban di area kilometer 47, berhasil mengamankan barang bukti berupa 3 unit mesin alkon yang digunakan untuk menambang.

“Tim gabungan mengambil tindakan sterilisasi area tambang tersebut dengan membongkar sekaligus membakar kamp,” kata Riski, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu 29 Januari 2023.

Sementara saat tim gabungan melakukan penertiban di area kilometer 49, mereka mengamankan 6 pekerja beserta barang bukti berupa mesin alkon.

Selain itu, petugas juga membakar seluruh kamp milik para pekerja penambangan emas tanpa izin yang ada di lokasi, agar tidak bisa digunakan kembali.

“Kemudian para pekerja tambang dan barang bukti kami bawa ke Polres Touna untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Riski menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penegakan hukum terhadap penambangan emas liar di Dataran Bulan Kecamatan Ampana Tete.

“Kita akan terus melakukan penindakan terhadap para pelaku penambang emas liar yang ada di wilayah hukum Polres Touna,” tegasnya.

Adapun penertiban pelaku penambang emas ilegal itu dipimpin Kapolres Touna AKBP Riski Fara Sandhy. Ia didampingi Kabag Ops Kompol Mulyadi, Kasat Reskrim Iptu Muhammad Kasim, Kabag Ekonomi Aspan Taurenta dan Kasi Intel Kejari Touna La Ode Muhammad Nuzul. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *