TNI-Polri Datangi Lokasi Puluhan Mortir yang Ditemukan Warga Sojol Utara, Bakal Diamankan di Denpal TNI

Puluhan mortir yang ditemukan warga Sojol utara
Puluhan mortir ditemukan warga di pegunungan Desa Pesik, Sojol Utara, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Tim gabungan TNI-Polri mendatangi langsung lokasi penemuan puluhan mortir di Desa Pesik, Kecamatan Sojol Utara, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Senin 26 Desember 2022.

Petugas mendatangi lokasi puluhan mortir yang ditemukan warga Sojol Utara untuk mengamankan peluru meriam yang diduga masih aktif itu.

Berdasarkan laporan yang berhasil dihimpun, saat ini benda temuan tersebut telah dikumpulkan menjadi satu dan diamankan di pegunungan Desa Pesik, sekitar 500 meter dari lokasi penemuan awal.

Menurut keterangan pihak kepolisian, mortir itu bakal diamankan oleh pihak TNI.

“Diambil alih oleh Denpal (Detasemen Peralatan) TNI, kemungkinan dibawa diamankan di Denpal TNI,” ungkap PS Kasubsi PIDM Humas Polres Donggala Bripka Adrian Sadly S saat dikonfirmasi, Senin 26 Desember 2022.

Berdasarkan laporan kronologi penemuan mortir tersebut, penemuan awal pada Rabu, 21 Desember 2022, sekira pukul 10.00 Wita.

Saat itu, salah seorang warga Desa Pesik bernama Nasir pergi ke pegunungan, tepatnya di Dusun 3 Desa Pesik, dengan maksud hendak membuat perahu.

Pada saat melintas di jalan menuju hutan, Nasir menemukan benda yg menyerupai mortir, sehingga ia kembali ke kampung dan melaporkan ke Jumri, warga lainnya, untuk disampaikan kepada Bhabinkamtibmas Desa Pesik Brigadir Aziz.

Atas arahan dari Brigadir Azis, pada Kamis 22 Desember, sekitar pukul 09.00 Wita, Nasir bersama 3 warga desa lainnya kembali ke hutan tempat ditemukannya barang tersebut.

Sesampai di lokasi, keempat warga tersebut melihat benda yg dicurigai adalah mortir, sehingga mereka berinisiatif untuk mencari di sekitar lokasi penemuan yang pertama.

Dari hasil pencarian dengan radius 5 meter, ditemukan sebanyak 44 buah mortir lainnya.

Meski begitu, hingga berita ini diterbitkan, dilaporkan sebanyak 46 buah mortir yang telah ditemukan di lokasi.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *