Turnamen Ahmad Ali Cup 2024 Dibatalkan di Kabupaten Sigi, Pengamat: Pemerintah Harusnya Dukung

Turnamen Ahmad Ali Cup 2024
Ketua Penyelenggara Ahmad Ali Cup 2024 Abdul Rahman (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Turnamen sepak bola Ahmad Ali Cup 2024 batal diselenggarakan di Kabupaten Sigi, pasalnya pemerintah setempat tidak memberikan izin.

Pembatalan turnamen Ahmad Ali Cup disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Ahmad Ali Cup 2024 Abdul Rahman kepada sejumlah awak media, Jumat 7 Juni 2024.

Meskipun kesiapan panitia disebut telah mencapai 100 persen, namun pelaksanaannya harus dibatalkan lantaran pemerintah kecamatan tempat turnamen bakal digelar tidak memberikan izin.

Bukan cuma panitia, sejumlah klub calon peserta turnamen juga telah siap untuk berlaga.

“Kick off AAC (Ahmad Ali Cup) khusus di wilayah Kabupaten Sigi itu pada akhirnya kami batalkan. Ini akan menyakitkan kawan-kawan yang sudah mendaftar di tiap zona,” ungkap Abdul Rahman.

Sejatinya turnamen Ahmad Ali Cup untuk Zona Kabupaten Sigi digelar pada pertengahan Mei 2024 lalu. Rekomendasi dari Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sigi yang menaungi cabang olahraga sepak bola pun telah dikantongi oleh panitia.

Di Kabupaten Sigi, panitia turnamen menetapkan 4 zona dengan masing-masing 16 – 17 klub akan berlaga di tiap zona.

Laga untuk zona 1 rencananya digelar di Lapangan Desa Sidondo I, Kecamatan Sigi Biromari, zona 2 di Lapangan Desa Kabobona, Kecamatan Dolo, zona 3 di Lapangan Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, dan zona 4 di Lapangan Desa Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi Selatan.

Untuk bisa menggelar pertandingan di lapangan yang telah ditetapkan, panitia memerlukan rekomendasi dan izin dari pemerintah setempat, agar bisa mendapatkan izin keramaian dari kepolisian.

Sayangnya, pemerintah dari Kecamatan Tanambulava dan pemerintah Kecamatan Dolo tidak menyetujui dan tidak memberikan rekomendasi untuk gelaran turnamen tersebut.

Padahal, Kepala Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, tempat turnamen zona 3 bakal digelar telah memberikan surat rekomendasi.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *