Iklan HUT Morowali PT Vale

UIN Datokarama Palu Dukung DMI Sulteng Kembangkan Kompetensi Pegawai Syara

Uin datokarama palu
Ketua DMI Sulteng Ahmad M Ali (kiri) dan Rektor UIN Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi. / Ist

ReferensiA.id- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Prof Sagaf S Pettalongi menyatakan siap mendukung Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Sulteng kembangkan kompetensi pegawai syara.

Menurut Sagaf, peningkatan kompetensi pegawai syara merupakan satu bentuk tuntutan dan tanggung jawab tri dharma perguruan tinggi yang melekat pada UIN Datokarama Palu.

“Pembinaan kompetensi pegawai syara merupakan satu bentuk optimalisasi tri dharma perguruan tinggi,” kata Prof Sagaf dalam keterangan tertulis, Ahad 10 April 2022.

Baca Juga:  Ketua DMI Sulteng Ahmad M Ali Janji Perbaiki 200 Tempat Wudhu

Pakar Manajemen Pendidikan ini mengemukakan sesuai dengan ruang lingkup tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, pengabdian masyarakat, dan penelitian.

Oleh karena itu, maka peningkatan kompetensi pegawai syara termasuk pengembangan fungsi masjid akan dilakukan secara bersama dengan DMI, pada tiga ruang lingkup tersebut.

Pada tataran pendidikan dan pengajaran, UIN Palu bersama DMI dapat melakukan pelatihan dan pembinaan sumber daya manusia dan keterampilan pegawai syara mengenai baca dan tulis alquran, serta pengembangan wawasan keislaman.

Baca Juga:  Alimuddin Pa'ada Bicara Soal Radikalisme di Seminar Legislasi Nasional UIN Datokarama Palu

Kemudian, pada bidang pengabdian masyarakat UIN Palu bersama DMI dapat melakukan pembinaan “life skill” sebagai upaya pemberdayaan pegawai syara.

Berikutnya, mengenai penelitian UIN Datokarama bersama DMI dapat melakukan riset-riset yang berkaitan dengan peran dan fungsi masjid dalam merawat harmonisasi antar umat beragama, serta riset yang berkaitan dengan pengembangan fungsi masjid.

Baca Juga:  DMI Sulteng Salurkan 25 Ribu Bingkisan untuk Pegawai Sara

“Riset-riset ini yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua pihak utamanya pemerintah dalam mengembangkan fungsi masjid,” ucapnya.
Ketua Umum PW DMI Provinsi Sulteng H Ahmad M Ali merespons positif rencana UIN Palu menggandeng DMI dalam peningkatan kompetensi pegawai syara serta pengembangan fungsi masjid.