Calon DPD Sulteng Budiman Jaya Ashari Fokus Perjuangkan UMKM

Budiman jaya ashari
Bakal calon Anggota DPD dapil Sulawesi Tengah, Budiman Jaya Ashari. / Ist

ReferensiA.id- Bakal calon Anggota DPD dapil Sulawesi Tengah, Budiman Jaya Ashari mengungkapkan mencalonkan diri pada Pemilu 2024 karena ingin memperjuangkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di provinsi ini.

Dia mengaku bekerja menjadi pendamping UMKM sejak 4 tahun lalu. Karena itu, dia mengetahui bagaimana kondisi UMKM di Sulawesi Tengah.

“Kita punya UMKM 372 ribu lebih tercatat, tapi yang eksis masih kurang. Itu yang perlu dibenahi,” kata Budiman Jaya Ashari ditemui di Kantor KPU Sulteng, Minggu 25 Juni 2023.

Oleh karena itu, jika terpilih menjadi anggota DPD mewakili Provinsi Sulawesi Tengah pada Pemilu 2024, maka fokusnya adalah memperjuangkan kemajuan pelaku UMKM.

Menurutnya, banyak potensi di Sulawesi Tengah yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM agar bisa berkembang dengan baik seperti pertanian, kuliner, dan sektor lainnya.

“Yang akan diperjuangkan bagaimana ekonomi kerakyatan bisa lebih baik,” kata Budiman yang sampai sekarang menjadi konsultan UMKM.

Dia menjelaskan, saat ini era digital. Oleh karena itu yang harus dibenahi adalah terus mendorong pelaku UMKM memanfaatkan digitalisasi. Selain itu, membangun mindset wirausaha pelaku UMKM.

“Saya sudah jalan ke kabupaten, mindset wirausahanya tidak ada. Makanya, berapa pun dana bantuan yang digelontorkan pemerintah untuk UMKM pasti habis jika tidak dibarengi pengembangan kapasitas dan mindset usaha,” katanya.

Langkah berikutnya setelah diberikan bantuan, yang perlu dilakukan adalah memberikan pendampingan kepada UMKM.

“Makanya kami bentuk inkubator bisnis. Kami coba menguatkan itu karena yang support perekonomian Indonesia adalah UMKM,” jelasnya.

Dia juga mendorong pelaku UMKM dari kalangan milenial agar terus manfaatkan peluang dan berinovasi. Misalnya bikin bisnis di sektor pertanian yang memang sangat potensial di Sulawesi Tengah. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *