Celebes Bergerak Minta Wapres Tinjau Huntap Bermasalah dan Temui Penyintas di Huntara

Wapres Tinjau Huntap
Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Tengah pada Kamis 6 Januari 2022. / wapresri.go.id

ReferensiA.id – Celebes Bergerak meminta Wakil Presiden Ma’ruf Amin tak hanya berkunjung di lokasi hunian tetap (huntap) yang sudah selesai tahap pembangunannya. Namun, juga mengunjungi lokasi-lokasi huntap yang masih bermasalah dan tak kunjung dibangun. Selain meminta Wapres tinjau huntap bermasalah, Celebes Bergerak juga berharap Wapres menemui penyintas yang masih berada di hunian sementara (huntara).

Hal itu disampaikan Manajer Program Celebes Bergerak, Wahyu Perdana Putra terkait rencana kedatangan Wapres ke Sulawesi Tengah pada Kamis 6 Januari 2022, besok.

Wapres berkunjung ke Sulawesi Tengah dalam rangka memantau progres pembangunan huntap bagi warga terdampak bencana (WTB) gempa bumi, tsunami dan likuefaksi yang terjadi pada 28 September 2018.

Wahyu Perdana Putra menjelaskan bahwa saat ini memasuki tahun ke-4 Huntap yang dibangun oleh Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru 630 dari 8.788 unit yang direncanakan.

Lebih lanjut kata Putra, Tahap 1B yang direncanakan akan selesai pada Oktober 2021 juga tak kunjung rampung.

Selain keterlambatan pembangunan Huntap, kata dia penunjukan lokasi lahan juga bermasalah. Menurut Putra beberapa lokasi yang ditunjuk berada di Zona Rawan Bencana/Zona Merah seperti di lokasi Huntap Desa Loli Tasiburi, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala yang berada di pinggiran sungai.

“Tempat ini memiliki sejarah banjir besar tapi ditunjuk sebagai lokasi Huntap. Ini tidak seperti slogan Pemerintah ‘Build Back Better’ tapi menyiapkan kuburan masal bagi warga,” tegasnya dalam siaran persnya, Rabu, 5 Januari 2022.

Tidak hanya itu kata Putra, lokasi Huntap di Kelurahan Ganti, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala juga berada di daerah rawan longsor yang sewaktu waktu bisa menghantam pemukiman baru bagi para WTB.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *