Iklan HUT Morowali PT Vale

Hibah Munas KAHMI Rp14 Miliar Bakal Dibahas Ulang Usai DPRD Didesak Penyintas Bencana

Hibah Munas KAHMI
Ketua Komisi IV DPRD Sulteng teken berita acara hasil pertemuan dengan Front Advokat Rakyat (FAR) Pasigala, Senin 19 September 2022. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- DPRD Sulawesi Tengah akan menjadwalkan pertemuan dengan eksekutif untuk membahas hibah Rp14 miliar untuk kegiatan Musyawarah Nasional XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Munas XI Kahmi).

Meski telah ketuk palu beberapa waktu lalu, namun pembahasan ulang hibah Munas KAHMI ini dilakukan karena adanya desakan Front Advokat Rakyat (FAR) Pasigala agar hibah yang dianggarkan dalam APBD Perubahan 2022 dibatalkan.

Baca Juga:  DPRD Sulbar Konsultasi Tatib di DPRD Sulteng, Bicarakan Soal Zoom Hingga Merokok di Ruang Sidang

Alasan FAR Pasigala bahwa masih banyak problem yang dialami penyintas bencana 28 September 2018 yang butuh dukungan anggaran.

Tapi justru, pemerintah daerah bersama DPRD mengalokasikan Rp14 miliar untuk kegiatan Munas XI Kahmi yang akan diselenggakan di Palu pada November 2022.

FAR Pasigala dengan massa puluhan orang berunjuk rasa di Kantor DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin 19 September 2022.

Baca Juga:  Pemprov Sulteng Hibah Rp14 Miliar untuk Munas XI KAHMI di Palu, Munas Sebelumnya Sumut Rp1 Miliar

Ini adalah aksi kedua setelah unjuk rasa sebelumnya pada Kamis 15 September 2022, FAR Pasigala gagal bertemu Anggota DPRD Sulteng.

Kali ini, pengunjuk rasa diterima Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Alimuddin Paada dan Anggota Komisi IV Moh Faizal Lahadja. Pertemuan digelar di Ruang Rapat Gedung DPRD Sulteng.

Sama dengan tututan sebelumnya, FAR Pasigala meminta pemerintah daerah membatalkan dana hibah Munas XI KAHMI yang nilainya mencapai Rp14 miliar di APBD Perubahan 2022.

Baca Juga:  Penarikan PAP Perusahaan Tambang Tak Sesuai Peraturan Menteri PUPR, Banggar Minta BPK Lakukan Audit

Ketua FAR Pasigala, Agusssalim juga meminta kepada anggota DPRD Sulteng agar menjelaskan alasan mengalokasikan anggaran Rp14 miliar untuk Munas XI KAHMI.

Alimuddin Paada kemudian menjelaskan tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam penanganan bencana yang terjadi 28 September 2018 dan langkah-langkah yang akan ditempuh ke depan.