Iklan HUT Morowali PT Vale

Indonesia-Australia Bakal Teken Kerja Sama Bidang Pertanian

Indonesia-Australia
David Littleproud. / ist

ReferensiA.id – Menteri Pertanian dan Menteri untuk Wilayah Utara Australia David Littleproud memulai kunjungan tiga hari ke Indonesia, Rabu 26 Januari 2022.

Kunjungan Menteri David Littleproud itu untuk memperkuat perdagangan dan hubungan pertanian dengan salah satu mitra kawasan, Indonesia-Australia yang disebut paling dinamis.

Menteri Littleproud mengatakan kunjungan ini akan diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Indonesia-Australia di bidang kerja sama pertanian.

Baca Juga:  Mentan Tinjau Kesiapan Toraja Utara Gelar Rakernas Pembangunan Pertanian 2022

“Indonesia adalah mitra pertanian yang sangat dihormati Australia, dan hubungan itu akan terus berlanjut dan semakin kuat,” kata Menteri Littleproud dalam keterangan resminya yang diterima ReferensiA.id.

Menurutnya, kerja sama adalah landasan hubungan kedua negara, dengan Australia dan Indonesia bermitra dalam inisiatif untuk memajukan pembangunan pertanian, mendukung ketahanan pangan, dan membangun sektor pertanian pangan yang kuat di kedua negara.

Baca Juga:  Taste of Australia, Cara Australia Perkenalkan Produk Makanan di Indonesia

“Perdagangan dua-arah di bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan mencapai nilai A$4 miliar pada 2020-2021, dan ini merupakan pasar ekspor yang sekarang bernilai A$2,9 miliar bagi petani, nelayan, dan rimbawan Australia,” jelasnya.

Meningkatkan perdagangan tersebut, katanya, adalah kesempatan tak ternilai untuk menyediakan lebih banyak pangan berkualitas tinggi bagi masyarakat kedua negara, Australia maupun Indonesia.

Baca Juga:  Balai Karantina Pertanian Palu Gelar Pasar Tani

Itulah mengapa Pemerintah Australia berkomitmen untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pemerintah dan pemangku kepentingan bisnis kedua negara.