Iklan HUT korpri

Pemkab Tojo Unauna dan OJK Sulteng Bahas Pembentukan TPAKD

TPAKD
Perwakilan OJK Sulawesi Tengah melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Tojo Unauna Ilham Lawidu, Senin 5 September 2022. / Ist

ReferensiA.id- Wakil Bupati Tojo Una-Una Ilham Lawidu, menerima kunjungan audiensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah membahas pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kabupaten Tojo Una-Una. Pertemuan dilaksanakan di Kantor Bupati Tojo Una-Una, Senin 5 September 2022.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Andri Arsasi pejabat di OJK Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan OPD Kabupaten Tojo Una-Una dan pihak perbankan di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una.

Baca Juga:  Pemkab Banggai dan OJK Sulteng Bahas Optimalisasi TPAKD

Andri Arsasi menyampaikan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholders. Forum ini bertujuan meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah sehingga diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Menurutnya, keberadaan TPAKD Kabupaten Tojo Una-Una saat ini menjadi sangat penting sebagai akselerator penguatan ekosistem perekonomian daerah melalui peningkatan akses Keuangan masyarakat khususnya pada pelaku UMKM dan peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Baca Juga:  OJK Sulteng Tingkatkan Literasi Keuangan IRT dan Pelaku UMKM di Donggala

“Salah satu program TPAKD yang dapat diimplementasikan TPAKD yaitu program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) dan Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR),” ujar Andri Arsasi dalam siaran pers yang diterima, Selasa 6 September 2022.

Program K/PMR adalah program penyaluran kredit/pembiayaan dengan proses yang lebih cepat, mudah, dan berbiaya rendah. K/PMR diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mengurangi ketergantungan/pengaruh terhadap entitas pemberi kredit yang tidak terdaftar di OJK.