Iklan pemilu DPRD Sulteng

Perekrutan PPK dan PPS Pemilu 2024 Berbasis Internet Meski Banyak Desa Blank Spot di Sulteng

Perekrutan PPK dan PPS
Sahran Raden. / Ist

Anggota KPU Sulawesi Tengah, Sahran Raden juga mengakui masih ada desa di provinsi ini yang belum terjangkau sinyal internet.

Kaitannya dengan perekrutan PPK dan PPS yang berbasis digital, pihaknya telah antisipasi.

“Akan dipetakan mana kecamatan desa yang tidak berinternet dan mana yang sudah berinternet,” ujar Sahran Raden, Minggu 9 Oktober 2022.

Sahran Raden mengatakan, pengalaman pemilu sebelumnya ada beberapa wilayah pegunungan dan pulau yang tidak memiliki jaringan internet.

Hal ini, kata dia tentu saja menjadi tantangan bagi penyelenggara Pemilu dalam menerapkan aplikasi Siakba pada perekrutan PPK dan PPS.

Sahran Raden menjelaskan, antisipasi bagi wilayah desa yang belum terjangkau akses internet adalah dengan membuat helpdesk Siakba.

Helpdesk dibentuk sebagai wadah konsultasi dan membantu pendaftar PPK dan PPS agar bisa dalam aplikasi Siakba terutama di daerah yang tidak berinternet.

“Helpdeks ini dimaksudkan untuk mengantisipasi kekurangan pendaftar PPK dan PPS,” ujar Sahran Raden.

Pekan lalu, KPU Sulteng telah menyelenggarakan bimbingan teknis Siakba bagi KPU kabupaten kota se Sulawesi Tengah di salah satu hotel di Palu selama dua hari yakni 8 dan 9 Oktober 2022.

“Setelah bimtek ini, KPU kabupaten kota memetakan kecamatan desa yang sudah maupun yang belum berinternet,” ujar Sahran Raden, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sulteng. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *