News  

Polresta Palu Turunkan 140 Personel untuk Operasi Patuh Tinombala 2023, Ini Sasaran Utamanya

Polresta Palu
Polresta Palu turunkan pasukan gabungan untuk lakukan Operasi Patuh Tinombala 2023. / Ist

ReferensiA.id- Kepolisian bakal kembali menggelar operasi khusus untuk keselamatan di jalan raya. Terkait hal itu, sebanyak 140 personel pun terlibat Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Tinombala 2023 di Polresta Palu, Senin 10 Juli 2023.

Bukan hanya anggota kepolisian, operasi itu bakal melibatkan pasukan gabungan dari Polisi Militer, Dinas Perhubungan Kota Palu serta personel Polresta Palu.

Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah yang membacakan amanat Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Agus Nugroho mengatakan, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya, merupakan suatu hal yang mutlak dirasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya.

Namun pada kenyataannya berbagai permasalahan pelanggaran dan kecelakaan sering terjadi yang disebabkan oleh kelalaian masyarakat itu sendiri.

“Pelanggaran dan kecelakaan ini terjadi dikarenakan masih rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat terhadap hukum perundang-undangan terkait lalu lintas, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis,” ujarnya.

Olehnya Operasi Patuh Tinombala 2023 dilaksanakan secara serentak di wilayah hukum Polda sSlawesi Tengah dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) Tahun 2023.

Operasi akan berlangsung selama 14 hari, sejak 10 Juli hingga 23 Juli 2023 mendatang.

Secara keseluruhan, oprasi ini melibatkan sebanyak 720 personel yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis, untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Dia bilang, tujuan Operasi Patuh Tinombala antara lain meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat dan terbentuknya opini positif serta citra tertib dalam berlalu lintas untuk mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *