Iklan Imlek DPRD prov

Sulteng Dapat Jatah 500 dari 1,55 Juta Sertifikat Tanah Gratis

Sertifikat tanah gratis
Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir serahkan sertifikat gratis. / Ist

ReferensiA.id- Provinsi Sulawesi Tengah dapat jatah 500 dari 1,55 juta sertifikat tanah gratis yang diserahkan Presiden Joko Widodo secara hybrid di Istana Negara Jakarta, Kamis 1 Desember 2022.

Di Sulteng, Gubernur melalui Wakil Gubernur Ma’mun Amir menyerahkan 500 sertifikat itu secara simbolis di Aula Asrama Haji Palu.

Jatah 500 sertifikat tanah untuk Sulteng terdiri atas Kota Palu 200 sertifikat, Kabupaten Sigi 150, dan Kabupaten Donggala 150 untuk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan retribusi tanah.

Baca Juga:  Presiden Tidak Berani Ngebut di Mandalika Akibat Sirkuit Basah

“Alhamdulillah, pada hari ini 1.552.000 bidang tanah yang diserahkan, untuk Provinsi Sulawesi Tengah yakni 500 bidang tanah yang terdiri, kota Palu sebanyak 200 bidang yang berada di Kelurahan Nunu, Kelurahan Tavanjuka, Boyaoge dan kelurahan Palupi. Kabupaten Donggala 150 bidang, kabupaten Sigi 150 bidang Jadi totalnya adalah 500 bidang,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kota Palu Kementerian ATR/BPN, Jusuf Ano.

Baca Juga:  Laksamana Yudo Margono Dilantik Jadi Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

Penyerahan sertifikat tersebut lanjutnya berjalan sukses berkat dukungan dari masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Kota di seluruh Sulawesi Tengah ini termasuk masyarakat.

“Siang hari ini saya senang karena 1.552.000 sertifikat dibagikan di 34 provinsi, baik diterima langsung yang hadir di Istana maupun yang hadir di provinsi masing-masing,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip laman resmi.

Baca Juga:  Presiden Bakal Resmikan PLTA di Poso dan Jalan Tol Manado-Bitung

Presiden menekankan keberadaan sertifikat tanah sebagai tanda bukti hak hukum atas tanah sangat penting dan juga dapat menghindarkan konflik pertanahan yang selama ini kerap terjadi.