Adik Mantan Napiter Ini Siap Dukung Kedamaian dan Kemajuan Poso

Mantan Napiter
Sukamto alias Abi Fayiz. / Ist

ReferensiA.is- Sukamto alias Abi Fayiz adalah seorang tokoh masyarakat yang berpengaruh di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso. Namun, perjalanannya dalam kehidupan tidaklah biasa.

Ia adalah adik dari mantan narapidana teroris (napiter) Sugiatno alias Kang Su, dan juga paman dari almarhum Khairul alias Irul, yang sebelumnya bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Namun, seiring berjalannya waktu, Sukamto alias Abi Fayiz mengalami transformasi yang luar biasa. Ia yang sebelumnya sedikit tertutup, kini sudah sangat terbuka dengan masyarakat.

Sejak kelompok Daftar Pencarian Orang (DPO) MIT Poso berhasil ditangkap oleh aparat keamanan, Sukamto alias Abi Fayiz mengalami perubahan signifikan. Kini, ia aktif berinteraksi dengan masyarakat umum, khususnya warga yang tinggal di lingkungan sekitarnya.

Sikapnya juga terlihat lebih terbuka dan menerima siapa pun yang ingin menjalin hubungan dengannya, termasuk pihak kepolisian untuk bersilaturahmi.

Selain aktivitas sehari-harinya berjualan di kios dan berbisnis beras dengan sasaran penjualan masyarakat Desa Kalora, Sukamto juga mengelola sarang burung walet dan mengurus kebun cokelatnya di wilayah Pegunungan Tasinuni, Desa Kalora.

Hal ini mencerminkan keterlibatannya dalam pengembangan ekonomi lokal dan pelestarian lingkungan.

Dalam sebuah pertemuan dengan anggota Satgas Madago Raya, khususnya pihak kepolisian, Sukamto alias Abi Fayiz mengucapkan terima kasih atas kunjungan mereka yang telah meluangkan waktu.

“Melalui kunjungan tersebut, saya berharap dapat mempererat hubungan silaturahmi dan menjaga komunikasi yang baik, terutama dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Poso,” katanya.

Lebih penting lagi, Sukamto alias Abi Fayiz menyatakan komitmennya untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan tertib, terutama di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *