Anggota DPRD Palu Sebut Retribusi Daerah Paling Minim Kontribusi untuk Kas

DPRD palu
Rapat paripurna di DPRD Kota Palu. / Ist

ReferensiA.id- Retribusi daerah menjadi sumber penyumbang kas daerah Kota Palu yang paling minim kontribusi. Ditarget bisa mencapai Rp31 miliar, namun hanya bisa terealisasi Rp20 miliar, atau hanya mencapai 68 persen dari target.

Hal itu terungkap dalam rapat paripurna ke VI masa persidangan caturwulan II Tahun 2024 yang digelar di DPRD Palu, Senin 22 April 2024.

Adapun agenda rapat itu yakni penyampaian laporan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) sekaligus pengambilan keputusan terkait persetujuan rancangan rekomendasi menjadi rekomendasi pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Palu tahun 2023.

Ketua Pansus DPRD Kota Palu Joppie Alvi Kekung dalam laporannya menyatakan, capaian pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palu bila dibandingkan dengan tahun 2022, terjadi penurunan. Karena PAD tahun 2023 hanya terealisasi 87,58 persen, atau Rp352,579 miliar, dari proyeksi senilai Rp402,579 miliar.

“Yang paling tidak berkontribusi dalam menyumbang kas daerah dari sektor retribusi daerah, hanya mencapai 68 persen. Dari target Rp31 miliar lebih, hanya tercapai Rp20 miliar lebih,” ucap Joppie.

Pansus DPRD Palu merekomendasikan kepada Pemerintah Kota Palu untuk melakukan evaluasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama yang berkontribusi dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *