Iklan HUT Morowali PT Vale

BNPT Bentuk Duta Damai Dunia Maya di Sulteng

Duta Aman dunia maya
BNPT bentuk Duta Damai Dunia Maya di Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) bentuk Duta Damai Dunia Maya di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan pembentukan berlangsung selama tiga hari di salah satu hotel di Kota Palu sejak Senin 23 Mei 2022. Sebanyak 57 peserta dari kalangan mahasiswa hadir dalam kegiatan ini.

Kepala Badan Kesbangpol Sulteng Dr Fahrudin Yambas MSi mengharapkan Duta Damai Dunia Maya yang telah dibentuk menginspirasi dan mencerdaskan anak-anak muda Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Cegah Paham Radikalisme di Lingkungan Polisi, Polda Sulteng Lakukan Sosialisasi

Diharapkan menyebarkan pesan-pesan damai melalui produk-produk literasi, desain komunikasi visual dan teknologi informasi.

Menurutnya, karya-karya Duta Damai Dunia Maya di daerah ini dapat menjadi media penyuluhan efektif ke masyarakat.

“Dalam rangka menguatkan rasa cinta damai, nasionalisme, persatuan dan toleransi,” seru Fahrudin Yambas membacakan sambutan Gubernur Sulteng pada pembentukan Duta Damai Dunia Maya Sulteng pada Rabu 25 Mei 2022.

Baca Juga:  Alimuddin Pa'ada Bicara Soal Radikalisme di Seminar Legislasi Nasional UIN Datokarama Palu

Pembentukan duta damai dunia maya merupakan strategi BNPT untuk menyelamatkan generasi muda dari paparan radikalisme dan terorisme yang tersebar di internet bahkan media sosial.

Program telah berjalan sejak 2016, ditandai dengan pembentukan di 14 provinsi yang tersebar dari ujung barat, tengah dan timur Indonesia. Sulteng pun kini resmi menjadi provinsi ke-15 yang mempunyai duta damai dunia maya.

Baca Juga:  Rusun Pesantren Wali Songo Poso Diresmikan

Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi SE menegaskan bahwa duta Sulteng berperan sebagai agen perdamaian guna mewujudkan Indonesia harmoni.

“Kalian telah menambah relawan-relawan yang membanjiri dunia maya untuk menyebarkan (pesan-pesan) perdamaian, Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi,” tandas jenderal bintang dua dalam sambutan.