Iklan HUT korpri

Pemprov Sulteng Dukung Optimalisasi Perlindungan Bpjamsostek bagi Pekerja

Perlindungan Bpjamsostek bagi pekerja
Wagub Sulteng Ma'mun Amir (kedua dari kanan) saat melakukan monitoring dan evaluasi bersama pihak Bpjamsostek. / Ist

ReferensiA.id- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyatakan siap menjalankan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, untuk terus digalakkan oleh seluruh kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah.

Kesiapan ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng Ma’mun Amir dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi bersama Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (Bpjamsostek) Zainudin di Palu pada Selasa, 14 Juni 2022 lalu.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Petani di Morowali Didaftarkan ke Bpjamsostek

Ma’mun mengatakan, Pemprov Sulawesi Tengah siap mendukung perlindungan Bpjamsostek bagi pekerja di wilayah kerjanya kendati dalam implementasinya masih terdapat beberapa wilayah yang harus menyesuaikan ketersediaan anggaran.

“Kalau Provinsi masih cukup mudah, tapi untuk kabupaten/kota ini akan cukup sulit karena banyaknya pekerja yang harus dilindungi di tengah keterbatasan anggaran yang ada, tapi tentu kita akan terus upayakan,” jelas Wagub Sulteng itu dikutip dari keterangannya, Sabtu 18 Juni 2022.

Baca Juga:  Wagub Sulteng Ungkap Alasan Wisatawan Lebih Pilih Bunaken Dibanding Danau Poso

Dirinya meyakini dengan memberikan perlindungan bagi masyarakat khususnya pekerja rentan akan berdampak terhadap turunnya angka kemiskinan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Berdasarkan data Bpjamsostek, jumlah pekerja yang dilindungi di Provinsi Sulteng hingga saat ini sebanyak 34 persen.

Sementara itu, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dalam keterangannya mengapresiasi dukungan Pemprov Sulteng dalam upaya mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) ini di jajarannya, baik di pemerintah kota maupun pemerintah kabupaten.