Iklan HUT Morowali PT Vale

Polres Palu Jadi Polresta, Kini Dipimpin Perwira Berpangkat Kombes

Polres palu
Kombes Polisi Barliansyah SIK MH. / Ist

ReferensiA.id- Polres Palu kini naik tipe jadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu. Jika sebelumnya jabatan tertingginya dipimpin oleh Kapolres berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), saat ini dipimpin oleh Kapolresta berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Perubahan tipologi Polres Palu menjadi Polresta Palu berdampak dengan pejabat pemegang tongkat komando yang harus dipegang oleh perwira menengah (Pamen) Polri berpangkat Komisaris Besar Polisi.

Baca Juga:  Terekam CCTV Saat Mencuri, 3 Ibu Rumah Tangga di Kota Palu Dibekuk Polisi

Hal itu sesuai dengan surat telegram Kapolri yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (ASSDM) Polri nomor : ST/748/IV/KEP/2022 tanggal 13 April 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Berdasarkan surat itu, pejabat di Polda Sulawesi Tengah yang mengalami pergesaran adalah Direktur Samapta (Dirsamapta) Polda Sulteng Kombes Polisi Barliansyah SIK MH ditunjuk untuk menjabat Kapolresta Palu.

Baca Juga:  Polresta Palu Tangkap Pelaku Jambret yang Beraksi di 13 TKP, Polisi Amankan Parang

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulteng Kombes Polisi Didik Supranoto dalam keterangan resminya mengatakan, “Telah terjadi rotasi di lingkungan Polri termasuk pejabat di Polda Sulawesi Tengah” jelasnya, Kamis 14 April 2022.

Selain Dirsamapta Polda Sulteng Kombes Polisi Barliansyah yang akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolresta Palu, ada pula Kapolres Palu AKBP Bayu Indra Wiguno akan menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Pengendalian Personel (Kabagdalpers) Biro SDM Polda Sulteng.

Baca Juga:  Polres Palu Pastikan Personel di Lapangan Sehat

Sementara Pengganti Dirsamapta Polda Sulteng adalah AKBP Richard Benson Pakpahan, yang saat ini menjabat Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda Sulteng.