News  

Polresta Palu Siapkan 301 Personel Jadi Polisi RW, Ini Tugasnya

Polresta Palu
Ratusan Polisi RW dapat pengarahan dari Kapolresta Palu. / Ist

ReferensiA.id- Polresta Palu menyiapkan 301 personel yang bakal bertugas sebagai Polisi RW. Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah memberikan pengarahan dan pembekalan materi kepada ratusan Polisi RW di Gedung Torabelo Polresta Palu, Rabu 5 Juli 2023.

Kapolresta Palu memberikan pengarahan dan penekanan kepada para peserta pembekalan Polisi RW, bahwa dinamika kepolisian saat ini lebih kepada tupoksi. Mengedepankan fungsi binmas dan fungsi intelijen sebagai rohnya kepolisian, khususnya dalam tugas Polisi RW.

“Bahwa polisi tidak dapat mencegah kejahatan tanpa bantuan masyarakat. Polisi harus berbuat lebih banyak bereaksi terhadap terjadinya kejahatan,” ujar Barliansyah.

Lanjut dia, kegiatan patroli yang dilakukan pasif, masih kurang intensif karena luasnya wilayah. Membangun informasi tentang kerawanan sosial, politik serta gejala yang mengarah akan menimbulkan gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

“Tugas Polisi RW adalah sarana untuk menyampaikan segala informasi serta sampaikan segala bentuk kebijakan Kapolri, Kapolda, dan Kapolres dalam forum apapun,” lanjut Kapolresta Palu.

Selain Kapolresta Barliansyah, dari masing-masing perwakilan juga memberikan materi yang berkaitan dengan adanya Polisi RW. Barliansyah berharap dengan digalakkanya Polisi RW, wilayah Kota Palu semakin aman dan nyaman serta bebas dari gangguan kamtibmas.

Seperti diketahui, Polisi RW atau Polisi Jaga Warga merupakan program pemerintah yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Polisi RW bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Adapun peran Polisi RW terutama terkait informas di tingkat RW. RED
Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *