Iklan HUT Morowali PT Vale

Ini Beberapa Sebab Anggota Parpol Dinyatakan TMS Saat Verifikasi Faktual

Sebab anggota parpol dinyatakan tms
KPU Sulteg verifikasi faktual kepengurusan salah satu parpol, belum lama ini. Saat ini, KPU kabupaten kota sedang lakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Ada Beberapa sebab anggota parpol dinyatakan TMS atau tidak memenuhi syarat saat dilakukan verifikasi faktual.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten kota telah melaksanakan verifikasi faktual keanggotaan parpol yang akan berlangsung sampai dengan 4 November 2022.

Tim verifikator yang dibekali surat tugas dan tanda pengenal mendatangi anggota parpol yang menjadi sampel.

Mereka mencocokkan kebenaran dan kesesuaian data yang diinput di Sipol dengan identitas anggota pada KTA dan KTP elektronik atau kartu keluarga.

Baca Juga:  Pendaftaran PPK Diperpanjang di 16 Kecamatan Sulteng karena Tak Penuhi Kuota

Jika sesuai, maka anggota parpol bersangkutan akan dinyatakan memenuhi syarat.

Sementara itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang anggota parpol TMS (tidak memenuhi syarat).

Anggota KPU Sulteng, Samsul Y Gafur, Selasa 18 Oktober 2022 mengemukakan, terdapat beberapa kondisi yang mengakibatkan keanggotaan seseorang dinyatakan tidak memenuhi syarat saat diverifikasi faktual.

Pertama, anggota parpol akan TMS jika tidak sesuai identitas keanggotaan dalam Sipol dengan identitas anggota pada kartu tanda anggota (KTA) dan atau KTP-elektronik atau KK.

Baca Juga:  Perpanjangan Pendaftaran PPK Berakhir, 4 Kecamatan di Sulteng Tetap Tak Capai Kuota

Kedua, jika tidak dapat menunjukkan kepemilikan KTA dan atau KTP-el atau KK. Oleh karena itu, angota parpol diimbau agar menyiapkan KTP dan KTA.

Ketiga, jika anggota parpol yang diverifikasi menyatakan bukan sebagai anggota suatu parpol tertentu dan bersedia mengisi formulir surat pernyataan verifikasi faktual anggota parpol.

Empat, jika anggota parpol menyatakan telah mengundurkan diri sebagai anggota parpol dan bersedia mengisi formulir surat pernyataan verifikasi faktual pengunduran diri dari parpol.