Iklan HUT Morowali PT Vale

Jumlah Anggota DPRD Donggala dan DPRD Sulteng Bakal Bertambah

Jumlah anggota DPRD Donggala
Samsul Y Gafur (kedua dari kanan). / Ist

ReferensiA.id- Jumlah anggota DPRD Donggala yang saat ini masih 30 bakal bertambah menjadi 35 pada Pemilu 2024 seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Begitu juga DPRD Sulawesi Tengah dari 45 bertambah menjadi 55 kursi.

Komisioner KPU Sulawesi Tengah, Samsul Y Gafur menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri sudah menyerahkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) kepada KPU.

Baca Juga:  Dorong Keterwakilan Perempuan Saat Pemilu, KPU Sulteng - Sikola Mombine Teken Kerja Sama

“Data inilah yang akan digunakan oleh KPU untuk menentukan jumlah alokasi kursi DPRD kabupaten kota se Indonesia,” kata Samsul Y Gafur di Palu, Jumat 11 November 2022.

Berdasarkan DAK2 tersebut, tampak terjadi penambahan jumlah penduduk di Donggala dan bersyarat bertambahnya jumlah anggpota DPRD Donggala menjadi 35 orang.

“Sementara kami cermati dalam data agregat kependudukan bahwa Donggala ada ketambahan jumlah penduduk sehingga terjadi ketambahan kursi. Kalau tidak salah lima kursi,” kata Samsul Y Gafur.

Baca Juga:  DPRD Sulteng Saran Bikin Aturan Kendaraan Plat Luar Daerah

Begitu juga DPRD Provinsi Sulawesi Tengah bakal bertambah dari sebelumnya 45 menjadi 55 orang. Artinya, terjadi penambahan 10 kursi pada Pemilu 2024 untuk DPRD Sulteng karena bertambahnya jumlah penduduk.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta memperoleh alokasi 55 kursi DPRD provinsi.

Hanya saja, pada lampiran UU Nomor 7 Tahun 2017, jelas disebutkan bahwa alokasi kursi untuk DPRD Sulawesi Tengah sebanyak 45 orang.

Baca Juga:  DPRD Sulteng Koordinasi Antar Daerah Terkait Normalisasi Sungai dan Penanganan Banjir Jakarta

Oleh karena itu, pemerintah akan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang sebagai metode yang cepat.