Iklan pemilu DPRD Sulteng

KPU Sulteng Ingatkan Peserta Pemilu Segera Laporkan Tim Kampanye

KPU sulteng
Anggota KPU Sulteng Christian A Oruwo. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengingatkan agar peserta Pemilu segera melaporkan tim kampanye sebelum memasuki masa kampanye pada 28 November 2022.

Hal itu disampaikan oleh komisioner KPU Sulteng saat Rapat Koordinasi Dalam Rangka Sosialisasi Hasil Tindak Lanjut Pengaturan Zonasi Kampanye dan Titik Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Hotel Sutan Raja Palu, Jumat 24 November 2023.

“Peserta Pemilu baik Parpol maupun calon DPD RI agar segera sampaikan atau laporkan ke KPU. Segera laporkan tim pelaksana kampanye sebelum masa kampanye,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Sulteng Nisbah.

Adapun pelaporan tim kampanye dapat dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (SIKADEKA) yang telah disiapkan oleh KPU.

Sementara itu, dalam rapat yang sebagian besar dihadiri oleh peserta pemilu baik perwakilan partai politik maupun calon DPD RI, membahas soal penetapan zona pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Rencananya, KPU Sulteng bakal mengeluarkan surat keputusan (SK) pada hari ini terkait zona-zona yang dapat digunakan untuk pemasangan APK maupun zona yang tidak boleh dipasangi APK.

“Yang menjadi diskusi panjang adalah white area yang ditetapkan KPU Palu,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, KPU Sulteng Christian A Oruwo.

KPU Kota Palu telah menetapkan sejumlah wilayah yang masuk dalam zona white area, atau zona bebas APK, termasuk beberapa jalan-jalan protokol di Kota Palu. Berdasarkan hal itu, KPU Sulteng akan mencermati kembali penetapan zona itu.

“Karena KPU Sulteng itu menetapkan zona berdasarkan penetapan KPU kabupaten/kota,” kata dia.

Jika penetapan zona yang telah dikeluarkan oleh KPU Palu memiliki dasar hukum berupa peraturan daerah, maka peraturan itu patut ditaati, namun KPU Sulteng bakal mengkonfirmasi kembali hal itu.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *