Iklan HUT korpri

KPU Sulteng Verifikasi Faktual Kepengurusan PBB Sulteng

KPU Sulteng
Suasana verifikasi faktual kepengurusan di kantor DPW PBB Sulteng, Jalan Kijang Selatan VII Nomor 31 Palu, Minggu 16 Oktober 2022. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Tim verifikator Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah (KPU Sulteng) mendatangi kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Bulan Bintang (DPW PBB Sulteng) Sulawesi Tengah di Jalan Kijang Selatan VII Nomor 31 Palu, Minggu 16 Oktober 2022.

Anggota KPU Sulteng, Sahran Raden mengatakan, verifikasi faktual dilakukan sebagaimana ketentuan PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2024.

Baca Juga:  Menteri Jadi Capres Tidak Perlu Mundur, Presiden Minta Tetap Utamakan Tugas

Dia mengatakan, verifikasi faktual ini adalah tahapan krusial setelah sebelumnya Partai Bulan Bintang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Tiga hal yang dilakukan dalam verifikasi faktual. Pertama, tim verifikator memerissa dokumen berupa kartu tanda anggota (KTA) dan KTP elektronik pengurus partai politik terdiri atas ketua, sekretaris dan bendahara.

“Ketua, sekretaris dan bendahara menunjukkan KTA dan KTP elektronik untuk dicocokkan dengan data yang ada di Sipol (Sistem Informasi Partai Politik),” kata Sahran Raden sesaat sebelum tim verifikator bekerja.

Baca Juga:  Sosok Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming di Mata Gubernur

Kedua, tim verifikator memfaktualkan keterwakilan perempuan 30 persen dalam kepengurusan partai politik. KTA dan KTP perempuan yang menjadi pengurus juga akan disesuaikan dengan data di Sipol.

“Ini memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen dalam kepengurusan,” jelasnya.

Ketiga, adalah verifikasi faktual dilakukan untuk memastikan domisili kantor tetap sampai tahapan terakhir pemilu.

Ketua Bawaslu Sulteng, Jamrin mengatakan, pihaknya hadir dalam proses verifikasi faktual ini untuk memastikan proses berjalan lancar.