Iklan HUT Morowali PT Vale
News  

PT Vale Operasikan Laboratorium PCR Covid-19

Laboratorium PCR Covid-19
PT Vale resmi mengoperasikan Laboratorium PCR COVID-19 Klinik Enggano. / PT Vale

ReferensiA.id- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) resmi mengoperasikan Laboratorium PCR COVID-19 Klinik Enggano. Fasilitas tersebut beroperasi melayani pekerja proyek Furnace 4 Rebuild yang diperkirakan mencapai 1.700 orang.

Senior Manager Occupational Health and Hygiene, PT Vale Indonesia Tbk, Ruby Hatmoko mengatakan, Laboratorium PCR memiliki fasilitas tes lengkap untuk pengambilan sampel, ekstraksi, dan master mix hingga hasil tes keluar tersebut dikelola 7 staf yang terdiri atas lima operator/analis dan dua dokter.

Baca Juga:  PT Vale Komitmen Percepat Pembangunan Pabrik Nikel di Bahodopi

Kata dia, Laboratorium ini telah mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Dengan adanya laboratorium PCR di Enggano ini, proses uji swab menjadi lebih singkat dan hasil keluar same day karena semua proses dilakukan di sini sehingga tidak mengganggu produktivitas pekerja,”katanya.

Menurut dia, sistem klinik memungkinkan hasil tes langsung terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi, sehingga kian memudahkan akses pengguna.

Baca Juga:  Penyebab Produksi Nikel PT Vale Menurun di Triwulan Kedua 2022

Sebelumnya, tes PCR bagi pekerja di lingkungan PT Vale dilakukan dengan pengambilan sampel di Klinik Fever RS Inco kemudian dikirimkan ke RS Wahidin Sudirohusodo Makassar yang hasilnya akan keluar dalam 2-3 hari.

Ruby menambahkan, terlepas dari tujuan utama untuk memfasilitasi proyek Furnace 4 Rebuild selama enam bulan, laboratorium dengan kapasitas 200 sampel per hari tersebut dapat digunakan karyawan dan kontraktor di area kerja PT Vale hingga pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir.

Baca Juga:  Menteri ESDM Minta Vale Tingkatkan Industri Turunan Nikel

Keberadaan lab tes PCR di Enggano juga semakin memudahkan upaya testing, tracing and Treatment (3T) karena lokasinya yang dekat dengan Rumah Sakit Darurat Enggano yang digunakan untuk merawat pasien terkonfirmasi COVID-19.