Era Perempuan Hebat

Era perempuan hebat
Novalina saat dilantik oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir. / Ist

Alhamdulillah akhirnya ibu Novalina dilantik menjadi Sekretaris Provinsi mengisi jabatan definitif setelah 2 tahun terakhir selalu bersifat sementara.

Ini adalah moment sejarah setelah jabatan Sekretaris Kota diisi juga oleh kader perempuan, maka kali ini kader terbaik lulusan STPDN menjadi sekretaris meneruskan seniornya ibu Dery Djanggola.

Sebagai pemerhati masalah sosial tentu saya sangat gembira karena kita telah memasuki era kepemimpinan Perempuan di Sulawesi Tengah. Kita tak ragu lagi berteriak soal gender mainstreaming.

Untuk tidak menjadi eforia, ada hal yang perlu difokuskan menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan. Bu Sekprov harus melihat ke depan.

Pertama, mengefektifkan birokrasi lewat komunikasi dan koordinasi kelembagaan bukan saja menjalin erat hubungan Pusat dan Daerah tapi yang terpenting dan tak boleh terabaikan soal harmonisasi hubungan Pemprov dengan kabupaten kota.

Kedua, mengefektifkan pelaksanaan monitoring center for prevention bersama KPK untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih dan kuat.

Ketiga, penguatan pengelolaan pengaduan masyarakat guna meningkatkan pelayanan publik yang lebih transparan dan berkualitas.

Keempat, mendorong pengawasan pengelolaan sumber daya alam secara bersama (joint monitoring) untuk tata kelola SDA yang lebih adil kepada kepentingan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup.

Kelima, penataan kembali tata kelola pemerintahan yang efektif dan berwibawa, utamanya menghapus praktek KKN dan J
Hual beli jabatan, serta pengelolaan keuangan daerah yang tepat sasaran dan sesuai dengan RPJMD, khusus menuntaskan 27 masalah sosial di Sulteng.

Saya yakin kehadiran Sekprov baru adalah pembeda dari pendahulu sebelumnya.

Beliau adalah birokrat murni yang diharapkan bisa meramu harmonisasi dengan DPRD, lembaga negara dan stakeholders lainnya yang bisa mengefektifkan impian-impian Gubernur membangun Sulawesi Tengah.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *