Iklan hari Kartini DPRD Sulteng

Pemilih Kesulitan Cari Nama Caleg yang Ingin di Pilih Saat di Bilik Suara

Pemilih
TPS 15 Kabonena, Ulujadi, Kota Palu dihiasi layaknya tenda pesta pernikahan. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Sejumlah pemilih pada Pemilu 2024 mengaku kesulitan saat berada di bilik suara.

Ada pemilih yang mengaku kesulitan mencari nama calon anggota legislatif (caleg), ada yang bingung harus mencoblos di bagian mana, ada pula yang kesulitan melipat kembali surat suara.

“Tadi sudah punya calon yang mau dipilih, tapi waktu mau ditusuk (dicoblos) tidak ketemu namanya,” ungkap Fatimah, warga Kota Palu, Rabu 14 Februari 2024.

Menurut dia, nama caleg yang selama ini dikenal berbeda dengan nama yang ada di kertas suara. Hal itu membuatnya bingung.

Berbeda dengan Rafli, pemilih pemula ini mengaku kesulitan melipat kembali surat suara. Ia juga tidak tahu jika harus mencoblos masing-masing di lima kertas suara, calon presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Saya cuma coblos satu saja, saya kira sama semua. Tadi pas saya lipat susah, terpaksa saya kasih masuk begitu saja, terhambur,” jelas pemilih di Kecamatan Tatanga itu.

Sementara pantauan ReferensiA.id di tempat pemungutan suara (TPS) juga tampak sejumlah pemilih kebingungan.

Pemilih
Pemilih memastikan kembali nama calon anggota legislatif yang akan dipilih sebelum masuk ke TPS. / ReferensiA.id

Ada yang saling bertanya di bilik suara bagaimana cara mencoblos yang benar.

Pemilih juga kebingungan harus mencoblos di bagian mana, apakah tepat pada angka, nama atau gambar partai.

Sementara itu, keluhan lainnya juga soal tidak adanya foto Caleg pada kertas suara membuat pemilih merasa kesulitan harus mencari nama Caleg yang akan dipilih.

Namun begitu, ada pula sejumlah pemilih yang masih bingung kembali memastikan nama caleg di contoh lembar suara yang ditempel di luar TPS.

“Ini lihat-lihat dulu contohnya. Di sini masih ada foto, katanya di dalam tidak ada fotonya. Ini baru mau mencoblos, mudah-mudahan tidak salah nanti,” ungkap Buffon, pemilih pemula di TPS 15 Kelurahan Kabonena, Ulujadi, Kota Palu. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *