Serap Aspirasi, Rudi Permesta Berbagi Solusi Agar Warga Dapat Bantuan Usaha

Rudi Permesta
Anggota DPRD Kota Palu Rudi Permesta melakukan Reses di Jalan Woodward, Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu. / ReferensiA.id

ReferensiA.id- Anggota DPRD Kota Palu Rudi Permesta Mustaqim berbagi solusi dengan warga agar bisa mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah Kota Palu.

Hal itu dilakukan oleh Anggota DPRD dari Fraksi Partai Nasdem itu, saat melakukan Reses Anggota DPRD Kota Palu Caturwulan II Tahun Sidang 2023 Dapil Kota Palu I Kecamatan Palu Timur – Mantikulore di Jalan Woodward, Kelurahan Lolu Selatan.

Di kegiatan serap aspirasi itu, sejumlah warga mempertanyakan mekanisme agar bisa mendapatkan bantuan modal usaha. Ada juga yang mempertanyakan soal cara mendapatkan jaminan sosial kesehatan dari pemerintah Kota Palu.

Rudi yang didampingi oleh perwakilan Dinas Sosial Kota Palu pun menjelaskan berbagai syarat dan cara agar bisa mendapatkan bantuan itu.

Soal bantuan modal usaha, Rudi Permesta meminta agar masyarakat membuat proposal yang bisa diserahkan kepada dirinya untuk dimasukkan ke Dinas Sosial, termasuk untuk mereka yang ingin mendapatkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) maupun bantuan modal usaha individu.

“Bagi yang belum masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), bisa bikin kelompok untuk dapat Kube agar usahanya bisa dibantu,” ujar Rudi memberikan solusi kepada warga yang ingin dapat bantuan modal usaha namun belum masuk dalam daftar DTKS.

“Silakan dibuat proposal permohonan bantuannya, semisal bantuan tenda untuk usaha bapak-bapak, bisa usulkan proposalnya, nanti kita bantu supaya bisa terealisasi,” kata Anggota Komisi B DPRD Kota Palu itu.

Salah satu masalah yang membuat warga kesulitan dapat bantuan pemerintah disebutkan karena belum terdata di DTKS, sehingga warga pun didorong agar segera mendaftarkan diri dengan mendatangi operator DTKS di kelurahan masing-masing.

Menurut pihak Dinas Sosial, ada beberapa bantuan di Dinas Sosial yang bisa diajukan oleh masyarakat, di antaranya ada bantuan kelompok Kube, yang minimal beranggotakan 5 orang. Besaran bantuannya bisa sampai puluhan juta rupiah.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *